Kamis, 29 Mei 2014

Struktur Kontrol

Dengan menggunakan statemen kondisional dan statemen looping (juga disebut struktur kontrol), anda dapat menulis kode Visual Basic yang membuat pilihan dan aksi pengulangan. Struktur kontrol lain yang berguna, statemen With, menjadikan anda dapat me-run serangkaian statemen tanpa harus mengulang penulisan object.

Menggunakan Statemen Kondisional untuk Membuat Keputusan
Statemen kondisional mengevaluasi apakah sebuah kondisi bernilai True atauFalse, dan kemudian menjalankan satu atau lebih statemen berdasarkan hasil pemeriksaaan kondisi. Biasanya, kondisi berupa ekspresi yang menggunakan operator pembanding untuk membandingkan satu nilai atau variabel dengan nilai atau variabel lainnya.
Memilih Statemen Kondisional untuk Digunakan
Menggunakan Loop untuk Mengulang Kode
Looping (pengulangan) memungkinkan anda untuk menjalankan satu group statemen secara berulang. Beberapa pengulangan (loop) mengulang statemen hingga kondisiFalse; sebaliknya mengulang statemen hingga kondisi True. Ada juga loop yang mengulang statemen sebanyak jumlah tertentu atau pada setiap object di dalam collection.
Memilih Loop untuk Digunakan

  • Do...Loop: Looping (pengulangan) ketika atau sampai kondisi True
  • For...Next: Menggunakan counter untuk menjalankan statemen dengan jumlah tertentu
  • For Each...Next: Mengulang satu group statemen untuk setiap object dalam collection
Menjalankan Beberapa Statemen pada Object yang Sama
Pada Visual Basic, biasanya anda harus menentukan sebuah object sebelum anda dapat menjalankan satu dari metode-nya atau merubah satu dari property-nya. Anda dapat menggunakan statemen With untuk menyebutkan sebuah object sekali untuk serangkaian statemen
  • With: Menjalankan serangkaian statemen pada object yang sama.

Do Loop Statemen - MS Access - Visual Basic

Do...Loop Statemen - MS Access - Visual BasicAnda dapat menggunakan statemen Do...Loop untuk menjalankan satu blok statemen dengan jumlah pengulangan yang tidak ditentukan. Statemen diulang ketika kondisi True atau hingga kondisi menjadi True.
Pengulangan Statemen Jika Nilai Kondisi True
Ada dua cara menggunakan keyword While untuk memeriksa kondisi dalam statemen Do...Loop. Anda dapat memeriksa kondisi sebelum anda masuk ke dalam looping, atau anda dapat memeriksa setelah looping berjalan setidaknya satu kali.
Pada procedure ChkFirstWhile berikut, anda memeriksa kondisi sebelum anda masuk looping. Jika myNum diset ke angka 9 bukan 20, maka statemen di dalam loop tidak akan pernah berjalan. Pada procedure ChkLastWhile, statemen di dalam loop berjalan hanya satu kali sebelum kondisi menjadi False.
Sub ChkFirstWhile()
counter = 0
myNum = 20
Do While myNum > 10
 myNum = myNum - 1
 counter = counter + 1
Loop
MsgBox "Proses Looping sebanyak " & counter & " kali."
End Sub

Sub ChkLastWhile()
counter = 0
myNum = 9
Do
 myNum = myNum - 1
 counter = counter + 1
Loop While myNum > 10
MsgBox "Proses Looping sebanyak " & counter & " kali."
End Sub
Pengulangan Statemen Sampai Kondisi Menjadi True
Ada dua cara untuk menggunakan keyword Until untuk memeriksa kondisi di dalam statemen Do...Loop. Anda dapat memeriksa kondisi sebelum masuk proses looping, atau anda dapat memeriksa setelah proses looping berjalan setidaknya satu kali. Looping (pengulangan) berlanjut ketika kondisi masih False.
Sub ChkFirstUntil()
counter = 0
myNum = 20
Do Until myNum = 10
 myNum = myNum - 1
 counter = counter + 1
Loop
MsgBox "Proses Looping sebanyak " & counter & " kali."
End Sub

Sub ChkLastUntil()
counter = 0
myNum = 1
Do
 myNum = myNum + 1
 counter = counter + 1
Loop Until myNum = 10
MsgBox "Proses Looping sebanyak " & counter & " kali."
End Sub
Keluar dari Statemen Do...Loop
Anda dapat keluar dari Do...Loop menggunakan statemen Exit Do. Misalnya untuk keluar dari pengulangan yang belum selesai, gunakan statemen Exit Do pada blok kondisi True dari salah satu statemen kondisi If...Then...Else atau Select Case. Jika kondisi bernilai False, pengulangan akan tetap berlanjut.
Contoh berikut, myNum diberi nilai yang membuat looping tidak akan berakhir. Statemen If...Then...Else memeriksa kondisi ini dan keluar dari looping untuk mencegah pengulangan tak berujung.
Sub ExitExample()
counter = 0
myNum = 9
Do Until myNum = 10
   myNum = myNum - 1
   counter = counter + 1
   If myNum =5 then exit do
Loop
End Sub

Catatan Untuk menghentikan looping yang tidak berujung tekan tombol ESC atau CTRL+BREAK

Tidak ada komentar: